Chasadja’s Weblog

^pendiDikan webLog^

SEDIKIT TENTANG “MEDIA PEMBELAJARAN”

Definisi Media

Secara umum media adalah segala jenis media pembelajaran yang dipakai dalam proses belajar mengajar. Sedangkan secara khusus definisi media yaitu media pembelajaran yang digunakan dengan alat penampil (hardware dan software) dalam proses belajar mengajar.

Klasifikasi Media

¯ Audio : sesuatu yang hanya bisa didengar

¯ Visual : sesuatu yang hanya bisa dilihat

¯ Audovisual : sesuatu yang bisa didengar dan juga bisa dilihat

Alat penampil

Media musik

J Pembuka : intro

J Penutup : extro

J Penyeling : untuk menyelingi pembicaraan

J Latar belakang : jenis musik untuk memberi latar suatu dialog

J Penegas : jenis musik yang diperdengarkan dengan sifat yang akan mebuat penonton atau pendengar terkejut

J Fx sound effect : hanya suara saja bukan lagu yang berlirik

Contoh : suara motor, suara hentakan kaki

Media naskah suatu cerita dapat dibuat menjadi rekaman.

Dalam rekaman kita memerlukan ruang kedap suara yang didalamnya terdiri dari 2 ruangan. Setiap ruangan memiliki fungsi dan peralatan yang berbeda.

F Ruang I (Studio)

1. mic

2. pengeras suara/corong

3. lampu isyarat

4. jam dinding

5. kursi

F Ruang II (Ruang rekaman)

1. Mixer

2. amplifier

3. pengeras suara

4. lampu isyarat

5. jam

6. kaset recorder/tape recorder/kaset desk

mic/suara mixer amplifier corong/pengeras suara

KOMUNIKASI

Komunikasi digunakan sebagai

© sebagai usaha penyampaian atau pemindahan informasi, ide kepada orang lain secara verbal

© sebagai proses seseorang secara individual atau kelompok mempengaruhi orang lain

© sebagai proses dimana seseorang menyampaikan perangsang-perangsang untuk merubah tingkah laku orang lain

© menyampaikan pesan supaya memperoleh tanggapan yang tepat

HOVLAND : proses dimana seseorang (komunikator) menyampaikan perangsang (dalam bentuk kata-kata) untuk merubah tingkah laku orang lain.

CHARLES COOLEY : mekanisme yang menimbulkan adanya dan berkembangnya hubungan manusia, semua lambang, pikiran bersama sarana untuk menyiarkannya dalam ruang dan merekamnya dalam waktu.

CLAUDE SHANNON dan WARREN WEAVER : komunikasi meliputi semua prosedur dimana sebuah pikiran mempengaruhi pikiran lain.

Mencakup : kata-kata tulisan dan lisan, musik, lukisan, sandiwara, balet dan semua tingkah laku manusia.

Jadi kesimpulannya komunikasi adalah proses penyampaian lambang yang mengandung pengertian yang sama oleh seseorang kepada orang lain, baik dengan maksud agar mengerti maupun agar berubah tingkah lakunya.

Cara-cara pokok Komunikasi

  1. bicara (speaking) è mendengarkan (listening)
  2. menggambarkan (visualisasi) è mengamati (observasi)
  3. menulis è membaca

Komponen atau Unsur Pokok Komunikasi

1. sender : orang yang menghasilkan pemikiran/ ide atau sebagaio sumber ide (souces)

2. message : pesan yang berwujud ide, pengalaman, harapan yang akan disampaikan

3. channel : sesuatu yang menjadi perantara dalam penyampaian pesan

4. receiver : orang yang menerima ide dan bisa menafsirkan

5. feed back : umpan balik yang berupa reaksi/ response sebagai akibat/ efek sampai tidaknya pesan (message) dari si penerima ide.

MODEL KOMUNIKASI

  1. sender è message è receiver
  2. source è channel è receiver

pesan

  1. pengirim penerima

umpan balik

  1. komunikator è berita è saluran è komunikan (receptor)
  2. source message channel

feed back receiver

  1. mengenal komponen proses komunikasi

¯ sumber (source)

¯ komunikator (encoder)

¯ pernyataan pesan (message)

¯ komunikan (decoder)

¯ tujuan (destination)

message

encoder decoder

enterpreter interpreter

decoder encoder

message

S à E à M à D à De

Information à transmitter à channel à receiver à destination

Message signal received message

signal

noise sources

Bentuk-bentuk Komunikasi

1) berdasarkan jumlah receiver

¯ komunikasi personal (personal comm)

¯ komunikasi kelompok (group comm)

¯ komunikasi massa ( mass comm)

2) Berdasarkan caranya

o Komunikasi langsung (face to face)

o Komunikasi tidak langsung

3) Berdasarkan arah komunikasi

o Komunikasi satu arah

o Komunikasi dua arah

Hambatan-hambatan

L Komunikator yang kurang mampu menyampaikan/ mengoperasikan perangsang

L Adanya perbedaan interpretasi komunikan

L Adanya perbedaan ruang dan waktu antara komunikator dengan komunikan

L Jumlah komunikan sangat banyak sehingga sukar dijangkau oleh komunikator.

Juli 3, 2008 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: